Tuesday, May 24, 2016

Cara Membuat Lemper




Lemper adalah makanan radisional yang berbahan dasar beras ketan. Lemper biasanya diisi dengan daging ayam, abon, mauun kelapa parut. Cara membuatnya semua sama kok kwan, isinya aja yang beda. Kalau resep dibawah ini pakai isi daging ayam suwir wirr wirr... Check dulu yakk.. J
Bahan untuk lemper :
ü  250 gr beras ketan
ü  1 batang dan serai (dimemarkan)
ü  ¾ sdt garam
ü  150 ml santan
ü  Daun salam
ü  Daun pisang (untuk membungkus...)
Bahan untuk isi lemper :
ü  2 buah paha ayam
ü  2 lembar daun salam
ü  Air (secukupnya)
ü  ¾ sdt garam
ü  100 ml santan
ü  ½ sdt gula pasir
ü  Bumbu halus (15 cabai, 6 siung bawang merah, 5 siung bawang putig, 1 sdt ketumbar, 3 butir kemiri)
Cara membuat :
1.       Cuci beras ketan sampai bersih. Setelah dicuci bersih, rendam beras ketan selam 2 jam. Setalah itu, tiriskan lalu kukus beras ketan selama 15 menit.
2.       Rebus santan bersama daun salam, daun serai yang sudah dimemarkan dan garam.
3.       Kemudian, tuangkan santan ke beras ketan yang telah dikukus. Uleni hingga seluruh santan meresap ke dalam beras ketan.
4.       Lalu kukus lagi beras ketan ± 30 menit atau smapai matang. Lalu angkat dan dinginkan.
5.       Membuat isi lemper dengan cara merebus dua paha ayam da tambahkan sedikit garam. Rebus hingga matang. Setelah matang daging ayam disuwir kecil-kecil.
6.       Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan daging ayam suwir, daun salam, gula pasir, dan garam. Kemudian aduk hingga rata. Setelah itu tuang santan, masak sampai matang san santan telah meresap sepenuhnya. Kemudian angkat dan dinginkan.
7.       Ambil sedikit ketan dengan menggunakan alas plastik, kemudian pipihkan. Lalu beri isi daging ayam suwir, selanjutnya bentuk menjadi lonjong. Setelah itu bungkus dengan daun pisang. Lempe isi daging ayam suwir siap disajikan.
Semoga bermanfaat...
Sampai jumpa di next post =><= 

0 comments:

Post a Comment